Menggabungkan Sembelihan Aqiqoh dan Idul Adha


Pertanyaan : Jika waktu aqiqah bersamaan dengan waktu idul adha, bolehkah mencukupkan dengan satu penyembelihan? (hamba Allah di Temanggung-08522800xxxx)

Jawab : hal tersebut diperbolehkan menurut sebagian ulama Hanabilah (pengikut Imam Ahmad). Mereka mengkiaskan hal tersebut dengan bolehnya seseorang mencukupkan satu kali mandi ketika hari raya Idul Fitri dan hari jum’at jatuh pada hari yang sama. (bisa dilihat dalam Al-Inshaf karya Al-Mardawy 4/101). Namun pendapat ini adalah pendapat yang lemah karena beberapa alasan :

  1. Tidak boleh menerapkan qiyas dalam permasalahan ibadah
  2. keduanya adalah ibadah yang berbeda sehingga tidak bisa digabungkan dalam satu peribadatan kecuali jika ada dalil yang memperbolehkan hal tersebut. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

“Setiap amal bergantung kepada niatnya dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang diniatkannya” (HR Al-Bukhari dan Muslim dari shahabat Umar bin Al-Khattab radhiyallahu anhu).

Hadis ini menunjukkan menunjukkan sebuah kaidah yang sangat agung yaitu bahwa setiap amal mempunyai niat masing-masing dan tidak boleh keluar dari kaidah tersebut kecuali bila ada dalil. Dengan demikian tidak diperbolehkan menggabungkan aqiqah dan kurban Idul Adha dengan satu kali penyembelihan. Allahu A’lam

Dinukil dari: http://tashfiyah.net/?p=255

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s