Hiasan Dari Kulit Binatang


Penulis: Komite Tetap Untuk Riset Ilmiah Dan Fatwa

Pertanyaan Pertama  Fatwa Nomor 18621

Tanya 1:

Kita tahu bahwa Islam melarang membuat patung yang berwujud seperti gambar-gambar manusia dan hewan, dan yang memiliki bayangan, hal ini untuk sebuah hikmat yang sempurna sehingga dapat  mencegah orang berusaha untuk meniru ciptaan Allah, dan menghalangi jalan untuk menyembah berhala dan hewan. Aturan ini juga mencakup apa saja yang diukir dari batu, kayu, atau dibentuk dalam cetakan yang disiapkan untuk tujuan tersebut.

Namun, jika seseorang memiliki kulit harimau, kulit zebra atau kulit domba jantan, barang-barang yang berupa  jerami atau kapas, kemidian membuat kepala dan anggota tubuh dengan warna kulit yang sama dan  menempatkannya  di pintu masuk rumah atau di ruang keluarga untuk dekorasi, apakah hal ini diperbolehkan atau tidak, bila  tidak diukir, dibentuk atau disimpan bukan untuk tujuan menghormati?

Jawaban:

Hal ini tidak diperbolehkan untuk menggunakan apa yang disebut sebagai menyerupai patung, dan juga karena hal perbuatan yang sia-sia.

Wabillaahi Taufiq. Ashalatu wassalamu ‘ala nabiyuna Muhammada wa’ala alihi washahbihi ajmain.

Komite Tetap Untuk Riset Ilmiah Dan Fatwa

Ketua: ` Abdul `Aziz Al al-Syaikh` Abdul `Aziz bin Abdullah bin Baz`

Wakil Ketua: `Abdul-`Aziz Al Al-Shaykh

Anggota :
Bakar Abu Zaid

Shalih Al-Fawzan

`Abdullah bin Ghudayyan

Terjemahan dari:

http://www.alifta.net/Fatawa/FatawaChapters.aspx?View=Page&BookID=7&PageID=9324&back=true

2 responses to “Hiasan Dari Kulit Binatang

  1. Assalamu’alaikum, salam kenal, saya mau konsultasi, bagaimana kira2 hukumnya jika saya membuat mainan robot yg (seluruh badannya tertu2p helm, sarung tangan & pakaian) kecuali: dia memiliki mulut & leher menyerupai manusia “kartun”/ tidak detail? gambar bisa dilihat di foto profil sy. terimakasih, mohon bantuannya. Wassalamu’alaikum.

    • Wa’alaykumussalam wa rohmatulloohi wa barokatuh….Saudaraku, semoga engkau selalu dalam lindungan Allooh Ta’ala, Maaf, saya bukanlah seorang ustadz bahkan ilmupun tidak punya, akan tetapi saya hanya memberikan saran sebaiknya anda tidak menggunakan gambar profil tersebut walaupun bisa dikatakan bukan mahluk hidup, hal ini hanya untuk kehati-hatian. Walloohu ta’ala a’lam ..Baarokalloohufiik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s