Jangan Terima Uang Ekstra


Penulis: Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin

Pertanyaan:

Saya bekerja untuk sebuah perusahaan pemeliharaan dan saya menerima gaji bulanan khusus untuk pekerjaan itu. Kadang-kadang, meskipun, saya pergi ke rumah orang untuk memperbaiki sesuatu, dan pemilik bersikeras memberi saya tip untuk pelayanan saya. Aku menolak mereka meskipun permohonan melanjutkan mereka. Apa yang harus saya lakukan?

Jawaban:

Syariat menyatakan bahwa Anda tidak harus menerima hal itu dari mereka karena Rasulullah Shallallahu mengirim seorang pria bernama Abdullah bin Al-Lutaybah untuk mengumpulkan amal. Ketika dia kembali dari badan amal, katanya, ini adalah untuk Anda, dan ini adalah hadiah untuk saya. Nabi menyampaikan khotbah dan menegur tindakan ini dengan mengatakan, Harusnya ia duduk di rumah ayahnya atau rumah ibunya untuk melihat apakah ia akan mendapatkan hadiah atau tidak. [1] Ungkapan ini menunjukkan sebuah peringatan terhadap mengambil hadiah bagi para pekerja, karena jika Anda tetap di rumah Anda maka orang tidak akan memberikan hadiah apapun. Apa yang lebih aman dan lebih berhati-hati, maka, adalah untuk tidak menerima apa pun selain gaji Anda. Dan Allooh Yang Maha Kuasa mengetahui keadaan yang baik.

Catatan Kaki:

[1] HR. Al-Bukhari no. 2597 dan Muslim no. 1832.

Sumber: Fatawa Islamiyah Vol. 8 Page 105

Alih Bahasa: Maolana Ishaq Purba

Dinukil dari: http://www.fatwaislam.com/fis/index.cfm?scn=fd&ID=1302

Tinggalkan Balasan

