Bolehkah Merekam Dengan Video Saat Berhubungan Intim (Berjima’) ?


Penulis: Komite Tetap Untuk  Riset Ilmiah dan Fatwa

Fatwa No. 22659

Pertanyaan:
Apa hukumnya merekam hubungan seksual antara suami-istri menggunakan video? Perlu disebutkan bahwa ada beberapa Fatwa (pendapat yang dikeluarkan oleh ulama yang berkompeten) telah dikeluarkan oleh orang-orang yang dianggap oleh  mereka sebagai orang yang berilmu di beberapa kota tetangga bahwa hal ini diperbolehkan, dengan syarat bahwa pasangan tersebut harus kuat menjaga kaset tersebut sebagai hal yang bersifat pribadi (privacy) untuk mencegah dilihat oleh orang lain. Telah terlampir salinan dari salah satu fatwa yang dikeluarkan dalam hal ini. Apa pendapat anggota terhormat Lajnah? Semoga Allah menjaga fatwa mereka dan membimbing mereka dalam melayani Islam dan kaum Muslimin!

Jawaban:
Video rekaman hubungan seksual antara suami-isteri adalah suatu tindakan yang sangat dilarang, hal ini dijadikan bukti umum akan bahwa menggunakan  video tidak diperbolehkan, yang dapat menimbulkan kenakalan dan kejahatan dari perbuatan tersebut, bahwa baik syariah islam (hukum Islam) atau moral tidak menyetujui . Oleh karena itu, tindakan ini harus dihindari, karena setiap orang wajib menjaga kehormatannya dan menjaga bagian-bagian pribadi (aurat) mereka, karena ini adalah wujudnya iman , tegaknya fitrah.

Subhanallah, Wabillahi taufiq Semoga damai dan rahmat Allooh atas Nabi Muhammad shalalloohu ‘alaihi wassalam, keluarganya, dan sahabatnya

Komite Tetap Untuk  Riset Ilmiah dan Fatwa

Ketua: `Abdul-`Aziz ibn `Abdullah Al Al-Shaykh

Wakil Ketua: `Abdullah ibn Ghudayyan

Anggota:  Salih Al-Fawzan ; Bakr Abu Zayd

Terjemahan dari:

http://www.alifta.net/Fatawa/FatawaChapters.aspx?View=Page&BookID=7&PageID=7438&back=true

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s