Membaca Al Qur’an Di Kuburan


Pertanyaan:

Hukum tentang membaca Al-Qur’an di pemakaman.

Dijawab oleh Asy Syaikh Shalih Fauzan bin Fauzan :

Membaca Al-Qur’an di pemakaman merupakan bid’ah, dan setiap bid’ah adalah sesat

Itu yang disyariatkan bagi siapa saja yang datang ke pemakaman kaum muslimin seperti menyampaikan salam untuk penghuni kuburan dan berdoa bagi mereka sebagaimana Nabi Shalallaahu ‘alaihi wa sallam lakukan ketika dia akan melewati kuburan atau mengunjungi mereka, dan dia [jelas] tidak membaca Qur’an di sana,  Beliau Shalallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang membuat perkara baru dalam urusan kami yang tidak berasal darinya maka ia tertolak”. [HR. Bukhari No. 2697  dan HR. Muslim No. 1718].
(al-Bid’u wal-Muhdathaat wa maa laa asla lahu –  Halaman 569)
Majallah ad-Dakwah – No.1582, Halaman 37

Terjemahan dari:

http://www.fatwa-online.com/fataawa/innovations/funerals/0110305.htm

2 responses to “Membaca Al Qur’an Di Kuburan

  1. membaca alquran dikuburan itu tidakharam.bacaan di alquran sbagiannya adalah doa .meskipun orangtua kita tlah mninggal kta wajib mendoakannya,caranya gmana?antara lain ya membaca alquran d rumah/d kuburan/asal tempatnya suci.yangtidak dperbolehkan dkuburan adalah sholat,menyembah-nyembah DLL. Nabi sendiri pernah memberi salam pada penghuni kuburan,sdangkan salam adlah doa,berarti mendoakan orang yg sudah meninggal itu dperbolehkan dan insyaallah bermanfaat bagi penghuni kubur tersebut.klo ada orang yng mengatakan membaca alquran d kuburan itu haram ya perlu d pertanyakan ke ilmuannya

  2. kpd sdr fatih,
    yang diharamkan dikuburan kan membaca quran, bukan berdoa, kalo berdoa memang Nabi saw juga menyuruh ketika ziarah. lalu klo disuruhnya berdoa, maka berarti baca quran jg boleh itu gimana pemikiran anda?emangnya setiap doa selalu quran? apa doa mau makan, doa masuk wc dsb ada di quran? memang ahlul bidah selalu memaksa2kan dalil, mentakwil seenaknya, muter2 gak keruan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s