Hukum Membangun Masjid Melingkar


Penulis: Asy Syaikh Abdullah bin Abdul Azis bin Baz rahimahulloohu

Tanya:

Ada masjid melingkar meniru bentuk bola, dimana baris pertama terdiri dari lima orang, dan baris berikut meningkatkan secara bertahap sampai mereka mencapai tengah Masjid. Baris-baris kemudian menurun secara bertahap sampai mereka mencapai jumlah mereka paling sedikit di baris terakhir. Apakah cara membangun seperti ini diperbolehkan berkaitan dengan masjid?

Jawab:

Saya tidak tahu tentang  dalil  yang menguatkan perbuatan ini. Telah tetap bahwa masjid harus luas dan berbentuk persegi sehingga mempunyai jumlah baris yang sama. Karena membuat masjid lebih luas bagi orang-orang, memberikan nilai manfaat lebih kepada mereka, mereka harus sejajar dan persegi. Inilah yang harus diberikan prioritas dan yang lebih baik.

Adapun membangun masjid seperti model yang disebutkan dalam pertanyaan, saya tahu tidak ada yang membawakan dalil apakah itu dilarang atau wajib. Namun, lebih baik untuk tidak melakukannya.

Sumber: Fatwa Syaikh Bin Baz (30/82)

Dengan sedikit perubahan terjemahan dari:

http://www.alifta.com/Fatawa/FatawaSubjects.aspx?View=Page&&NodeID=3272&PageID=5844&SectionID=14&SubjectPageTitlesID=104165&MarkIndex=0&0#BuildingcircularMasjids

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s