Hukum Olahraga Tinju


Penulis: Komisi Untuk Riset Ilmiah Dan Fatwa KSA

Fatwa no. 16443 (XXVI/296)

Pertanyaan:

Saya seorang pemuda dari Aljazair. Saya adalah seorang petinju profesional dan sekarang saya seorang pelatih. Saya tidak tahu tentang hukum jenis olahraga ini. Mohon diberitahukan kepada saya serta saudara-saudara sesama di kota Djelfa tentang hukum jenis olahraga ini ? Apakah halal atau haram? Saya harap anda menyertakan  dalilnya. Perlu diketahui bahwa saya menerima gaji sebagai pelatih yunior.

Jawaban:

Hal ini tidak diperbolehkan untuk bermain Tinju karena berbahaya. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ

…..janganlah kamu menjatuhkan dirimu dalam kebinasaan (QS. Al Baqarah : 195)

وَلَا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

Dan janganlah kalian membunuh diri-diri kalian, sesungguhnya Allah itu Maha Penyayang kepada kalian. (An Nisa: 29)

Tinju menyebabkan kerugian besar tanpa ada manfaat apapun dan karena itu adalah Haram. Anda harus meninggalkan jenis olahraga ini dan berolahragalah  olahraga lain yang bermanfaat.

Wabillaahi taufiq. Wa shalallahu ‘ala nabiyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shahbihi ajma’in.

Komisi  Tetap Untuk Riset Ilmiah Dan Fatwa

Ketua: ` Abdul `Aziz bin` Abdullah bin Baz

Wakil Ketua: ` Abdul-Razzaq `Afify

Anggota : `Abdullah bin Ghudayyan

Anggota :  Sholih Al-Fawzan
Anggota : `Abdul` Aziz Al al-Syaikh

Anggota : Bakr Abu Zaid

Dengan sedikit perubahan diterjemahkan dari: http://www.alifta.net/Fatawa/FatawaChapters.aspx?View=Page&PageNo=1&FromMoeasrID=26104&PageID=10342&BookID=7

Tinggalkan Balasan

