HUKUM KUPU-KUPU YANG DIAWETKAN


Tanya :
Apa hukum hiasan kupu2 yang diawetkan ?

Dijawab oleh Al Ustadz Dzulqarnain Bin Muhammad Sunusi:

Hewan-hewan yang diawetkan, baik itu hewan yang boleh dimakan atau tidak boleh dimakan, yang dihalalkan dengan cara disembelih atau dihalalkan tanpa sembelihan adalah hal yang tidak diperbolehkan. Hal tersebut karena beberapa alasan,Pertama, dimaklumi bahwa hewan-hewan yang diawetkan akan disimpan dan dipajang sebagaimana gambar-gambar makhluk bernyawa diperlakukan seperti itu. Telah dimaklumi bahwa salah satu sebab terjadinya kesyirikan adalah gambar-gambar orang-orang shalih yang kemudian menjadi hal yang disembah. Syari’at ini menutup seluruh jalan yang bisa mengantar kepada kesyirikan.

Kedua, hewan terbagi dua; haram dimakan dan halal dimakan. Juga hewan itu ada yang halal dengan cara disembelih dan ada yang halal tanpa penyembelihan. Membuka pintu pembolehan pengawetan hewan akan membawa manusia untuk tidak mengindahkan ketentuan-ketentuan syari’at dalam masalah ini. Pada masa ini, telah kita saksikan perbuatan manusia yang meluas dalam pengawetan hewan. Bahkan pada sebagian Negara, mereka mengawetkan manusia sebagai hiasan.Ketiga, dalam proses pengawetan dan pembeliaan hewan-hewan yang diawetkan banyak terjadi pemborosan harta dan sikap mubadzdzir. Perbuatan yang seperti ini telah diterangkan keharamannya dalam berbagai dalil Al-Qur’an dan hadits.

Sejumlah ulama masa ini, seperti Syaikh Ibnu Baz, Syaikh Ibnu ‘Utsaimin, dan selainnya, telah mengharamkan untuk mengoleksi hewan-hewan yang diawetkan. Wallahu A’lam.

Dinukil dari:

https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=467054840082505&id=236041046517220

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s