SIAPAKAH SYAIKH ALI HASAN AL-HALABI? (bag.1)


?Taklim kitab “Syarah Aqidah Thahawiyah” bersama Syaikhuna Abul Abbas Yasin al-Adeni –hafidhahullah–, hari Kamis, 29 Rajab 1435 H/ 28 Mei 2014 M.

 

~~~~~~~~~~~~~~~~~

📖Imam Thahawi berkata,

(( Dan seorang hamba tidak keluar dari keimanan kecuali karena sikap juhud yang dia masukkan dalam keimanannya ))

 

📋Catatan: Sikap juhud adalah menentang akan kebenaran Islam, padahal qalbu meyakininya. Atau, mengingkari kewajiban-kewajiban syariat Islam, padahal dia mengerti akan kewajibannya.

 

Tidak diragukan lagi ini adalah perbuatan kekufuran. Namun membatasi kekufuran hanya pada sikap juhud semata juga perbuatan salah, sebagaimana yang akan dijelaskan para ulama berikut.

 

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

📎PENJELASAN ULAMA TENTANG UCAPAN IMAM THAHAWI DI ATAS

 

⏩📀Asy-Syaikh al-‘Allamah Abdul Aziz bin Baz rahimahullah;

 

“Pembatasan ini perlu dikoreksi kembali. Karena terkadang seseorang keluar dari Islam bukan karena sikap juhud semata, namun juga karena sebab-sebab lainnya yang telah dijelaskan para ulama dalam bab “hukum orang yang murtad”. Diantaranya, mencela Islam, mencela Nabi shallallahu alaihi wasallam, menjadikan Allah, rasul-Nya, kitab-Nya atau sebagian syariat-Nya sebagai bahan lelucon. Di antaranya juga beribadah kepada berhala, berdoa kepada orang mati atau meminta pertolongan kepada mayit. Ini semua dapat mengeluarkan seseorang dari Islam berdasarkan ijmak para ulama. Padahal semua perkara tersebut bukanlah perbuatan juhud.”

 

⏩📀Asy-Syaikh al-‘Allamah Sholih al-Fauzan;

 

“Ucapan ini perlu dikritik. Karena membatasi kekufuran hanya dengan sikap juhud adalah mazhab kelompok murjiah.”

 

Hingga ucapan beliau,

 

“Sebagian kitab yang dipelajari pada masa ini berusaha memunculkan mazhab ini dengan tujuan agar manusia merasa bebas dalam agamanya. Selama dia tidak berbuat juhud, menurut mereka masih dikatakan muslim, walaupun dia sujud menyembah berhala. Katanya, ‘Saya tidak berbuat juhud. Saya meyakini tauhid. Itu hanyalah perbuatan dosa semata.’ Atau jika dia menyembelih untuk selain Allah, mencela Allah, mencela Rasul, mencela Islam, menurut mereka dia masih muslim, karena dia tidak berbuat juhud.

 

Jelas ini salah besar. Ini perbuatan yang akan menyia-nyiakan agama secara total. Tak akan tersisa agama sedikit pun. Maka yang wajib adalah berhati-hati dari mara bahaya besar ini.”

 

~~~~~~~~~~~~~~~

💣ADA APA DENGAN ALI HASAN AL-HALABI ❗❓

 

 

Setelah Syaikhuna Yasin menjelaskan seperti yang dijelaskan dua ulama di atas, beliau berkata,

 

“Dan di masa akhir-akhir ini, kita dapati sebagian pengajar yang dahulunya menampakkan diri dengan sunah dan mengikuti para salaf umat, ternyata dia menolong mazhab ini dalam karya-karyanya dan berusaha menukilkan ucapan para salaf. Memutar balikkan fakta dan memotong-motong ucapan sebagian ulama untuk menampakkan dan membela mazhab ini. Orang ini adalah Ali bin Hasan al-Halabi. Orang ini, sebagaimana dalam karyanya seperti kitab “Fitnah at-Takfir” dan “Shaihatun Nazir”, dua kitab yang makruf sebagai karyanya, dia berusaha menolong mazhab ini. Bahkan dia menukilkan ucapan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan ulama ahlussunah lainnya, ternyata jika engkau cek kepada kitab yang dia jadikan rujukan, orang jelek ini memotong, menambahi dan mengurangi sebagian ucapan ulama.

 

Sehingga orang ini, dengan perbuatannya ini, menunjukkan bahwa dia berjalan di atas mazhab busuk yang bidah dan batil ini. Sebab mazhab murjiah adalah mazhab yang bidah lagi batil. Dan orang ini ingin membela mazhab ini dengan cara-cara seperti ini, caranya ahli bidah dan sesat.

 

Maka kita harus waspada dari orang ini, Ali bin Hasan al-Halabi. Kita pun waspada dari kitab-kitabnya dan tahqiq (catatan)-nya terhadap kitab ahlussunah.

 

📝[Ditranskip dan diterjemahkan dengan sedikit penyesuaian oleh: Abu Thalha Yahya Alwindany]

 

📚 TIS (Thalab Ilmu Syar’i) – Dikutip dari WA Salafy Lintas Negara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s