MENJAWAB BEBERAPA TUDUHAN DUSTA SEPUTAR DAKWAH SYAIKH MUHAMMAD BIN ABDIL WAHHAB رحمه الله


الدين القيم:

💥🌿💢♨️MENJAWAB BEBERAPA TUDUHAN DUSTA SEPUTAR DAKWAH SYAIKH MUHAMMAD BIN ABDIL WAHHAB رحمه الله
✍Ditulis oleh Syaikh Dr. Ali Bin Yahya Al Haddady حفظه اللّٰه.

1⃣Mereka menuduh syaikh Muhammad Bin Abdil Wahhab رحمه اللّٰه bahwa beliau mengaku sebagai nabi padahal beliau mengatakan :
“Dan aku beriman bahwa nabi kita Muhammad صلى اللّٰه عليه وسلم adalah penutup para Nabi dan Rasul, dan tidak sah keimanan seorang hamba hingga ia mengimani risalah beliau dan bersaksi dengan nubuwwah beliau”.

Al Majmu’ 5/10.
2⃣Mereka menuduh syaikh berpemikiran Khawarij padahal beliau mengatakan tatkala menjelaskan tentang aqidah beliau :
“Dan aku tidaklah mengkafirkan seorangpun dari kaum muslimin dengan sebab dosa dan aku tidaklah mengeluarkannya dari daerah islam”.
3⃣Mereka menuduh syaikh telah mengkafirkan keumuman kaum muslimin padahal beliau berkata pada sebagian risalah beliau tatkala beliau menjelaskan kedustaan sebagian musuh-musuh beliau :
“Demikian pula isu dusta yang ia sampaikan kepada orang-orang jahil bahwa Ibnu Abdil Wahhab mengatakan : orang yang tidak masuk dalam ketaatan kepadaku maka ia kafir, maka kita katakan : Maha suci Engkau (Allah) ini merupakan kedustaan yang besar, bahkan kita menjadikan Allah sebagai saksi atas apa yang Allah ketahui dari hati-hati kita bahwa barangsiapa yang mengamalkan tauhid dan berlepas diri dari kesyirikan dan pelakunya maka ia muslim di waktu kapanpun dan di tempat manapun, sesungguhnya kita mengkafirkan orang-orang yang menyekutukan Allah dalam ibadah setelah nampak baginya hujjah tentang batilnya kesyirikan.

Al Majmu’ 5/11.
🎗Dalam penjelasan beliau ini terdapat bantahan terhadap orang-orang yang menduga bahwa terorisme dan takfir adalah buah hasil dari dakwah syaikh Muhammad Bin Abdil Wahhab رحمه اللّٰه.
4⃣Mereka menuduh syaikh mengingkari karomah-karomah para wali-wali Allah padahal syaikh dalam masalah ini menyatakan :
“Dan aku mengakui adanya karomah-karomah para wali dan mukasyafah yang mereka miliki, namun mereka tidak berhak sedikitpun untuk diibadahi dan tidak boleh diminta dari mereka sesuatu yang tidak mampu atasnya melainkan Allah.

Al Majmu’ 5/10.
5⃣Hadits-hadits yang menjelaskan bahwa Nejd merupakan tempat munculnya tanduk syaithan ditafsirkan oleh mereka bahwa tanduk syaithon yang dimaksud adalah dakwah syaikh Muhammad Bin Abdil Wahhab رحمه اللّٰه.
🌻(Maka kita jawab) bahwa banyak dari para ulama yang menjelaskan bahwa Nejd yang tersebut dalam hadits adalah Irak bukan wilayah yang dikenal (di Hijaz).
🌴Berkata Mahmud Syukry Al Alusy salah seorang ulama terkemuka di Irak :
“Dan tidaklah mengherankan bahwa negeri Irak merupakan sumber setiap ujian dan bencana, dan kaum muslimin senantiasa ditimpa musibah darinya”.
🌿Dan yang menguatkan penafsiran ini adalah apa yang dikatakan oleh Syaikh Hamud At Tuwaijiry رحمه اللّٰه bahwa riwayat-riwayat yang datang tentang munculnya tanduk syaithan dari Masyriq semuanya datang dari sahabat ‘Abdullah Bin Umar dan di sebagian riwayat beliau menegaskan bahwa yang dimaksud dengan Masyriq adalah bumi Iraq maka runtuhlah dengan ini segala apa yang dipegangi oleh orang-orang mulhid untuk mencela penduduk jazirah arab.
📝Sumber : Risalah yang ditulis oleh syaikh ‘Ali Bin Yahya Al Haddady حفظه اللّٰه yang  berjudul “Da’iyah ‘Ala Minhajin Nubuwwah”.
📥Link unduhan risalah : http://www.haddady.com/book/داعية-على-منهاج-النبوة/ 

▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️📚✍

Dinukil dari :

telegram.me/dinulqoyyim